Singapura, Hongkong Sampai Korea Selatan Dilanda Wabah Kutu Busuk

Img 20231213 054611

RADARNESIA.COM – Usai dilanda wabah corona, kini pada penghujung tahun 2023 beberapa negara di Asia dilanda wabah kutu busuk. Bukan hanya peningkatan kasus COVID-19 dan mycoplasma pneumonia yang diwaspadai sejumlah negara di dunia, melainkan juga hewan kecil penghisap darah yang dikenal dengan kutu busuk!

Wabah kutu busuk menjadi mimpi buruk global. Pada awalnya, mereka menghantui Paris di Oktober lalu yang diikuti oleh kepanikan akan kemungkinan outbreaks di wilayah Eropa dan Amerika Serikat.

Bacaan Lainnya
Baca Juga:  Harga Sembako Kian Melambung, Masyarakat Minta Pemerintah Stabilkan Harga

Kini, hewan mungil itu mulai menginvasi sejumlah negara di Asia. Kemunculannya tak hanya membuat masyarakat khawatir, melainkan juga mendorong pemerintah setempat bertindak.

Di Asia, Korea Selatan menjadi negara pertama yang menyatakan perang terhadap makhluk pengisap darah itu sejak awal November 2023. Sebetulnya kutu busuk di negara aktor Lee Min Ho itu sudah diberantas sejak 1960-an. Namun, sekarang hewan-hewan itu muncul lagi dan menimbulkan kekhawatiran.

Baca Juga:  Datanya Dilaporkan Dibobol oleh Hacker, PT KAI Tegaskan Seluruh Data dan Sistem Aman

Meski hanya ada 13 kasus kutu busuk yang terkonfirmasi dan lusinan kasus suspek, sudah dinilai cukup untuk negara itu meningkatkan kewaspadaan. Korea Selatan secara khusus membentuk satuan tugas (satgas) antarkementerian untuk mengatasinya.

Pemerintah pusat dan daerah pun mulai mendisinfeksi sejumlah lokasi yang dinilai berisiko tinggi seperti tempat pemandian dan transportasi umum. Bahkan, warga yang prihatin akan kemunculan kutu busuk membuat situs web dengan peta interaktif guna melacak serangan kutu busuk di seantero negeri.

Baca Juga:  Kronologi Kecelakaan Adu Banteng KA Turangga dengan Kereta Lokal Bandung Raya Mengakibatkan Satu Masinis Meninggal

Kekhawatiran mengenai serangan kutu busuk atau bedbugs juga meningkat di Hong Kong. Negara itu berpenduduk padat. Pemerintah setempat berupaya meredakan kekhawatiran bahwa kutu busuk berpotensi masuk ke Hong Kong melalui Korea Selatan, dilansir Times.

Selebaran mengenai penyebaran kutu busuk pun mulai dibagikan pada para pelancong di bandara. Perusahaan-perusahaan transportasi seperti kereta api Hong Kong gerak cepat melakukan bersih-bersih menyeluruh setelah sebuah foto viral.

Foto yang diunggah salah seorang pengguna media sosial itu menduga ada kutu busuk di salah satu kursi kereta Airport Express.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *