Scroll untuk baca artikel
Olahraga

Cetak Sejarah! Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

×

Cetak Sejarah! Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebarkan artikel ini
Cetak Sejarah! Timnas Indonesia Lolos Ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

RADARNESIA.COM – Timnas Indonesia mencetak sejarah lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, usai meraih kemenangan 2-0 atas Filipina, Selasa (11/6) malam. Garuda. Tampil di hadapan ribuan penonton yang memadati tribun Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Indonesia langsung memberikan debut kepada Calvin Verdonk.

Timnas Indonesia yang dituntut harus menang, berusaha mendominasi sejak menit awal. Situasi ini membuat Filipina tidak mampu keluar dari daerah sendiri.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Peluang pertama dipetik Indonesia di menit 7, ketika Thom Haye mengirim umpan silang. Bola dapat disundul Marselino Ferdinan, tapi mengarah tepat ke pelukan kiper Kevin Ray Mendoza.

Gagal melalui upaya jarak dekat, Indonesia juga melepas tendangan spekulasi. Seperti yang dilakukan Thom Haye di menit 12. Calvin Verdonk nyaris mencetak gol di menit 18 melalui sepakan kaki kiri di kotak penalti. Namun arah bola sedikit melambung di atas mistar.

Filipina terus dalam tekanan, setelah Marselino melakukan aksi individu di menit 29. Sempat kehilangan keseimbangan, Marselino bisa melepaskan tembakan yang masih mampu ditepis Mendoza.

Usaha Indonesia baru membuahkan hasil di menit 32. Diawali umpan Nathan Tjo-A-On kepada Thom Haye. Selanjutnya Thom berlari beberapa meter, sebelum melepas tembakan akurat dari luar kotak penalti yang membuat Mendoza tak berdaya.

Dalam posisi unggul, Indonesia nyaris kebobolan di menit 34, setelah kiper Ernando Ari gagal mengontrol backpass Jay Idzes. Beruntung bola yang lepas bergulir ke samping gawang. Menjelang turun minum, Ragnar Oratmangoen mencoba mengopi upaya Thom Haye. Akan tetapi sepakan pemain Groningen ini masih terlalu tinggi dari sasaran.

Memasuki Babak kedua, peluang bagus diperoleh Indonesia di menit 46. Dalam kemelut di depan gawang, Calvin Verdonk melepas umpan tarik. Namun Ragnar Oratmangoen sedikit telat menyambar bola.

Sementara Filipina sedikit lebih berani menyerang, sembari mencari celah kelengahan Indonesia yang terlalu ofensif dan terkadang hanya menyisakan tiga pemain di belakang. Peluang perdana pun terjadi di menit 50 melalui sundulan Patrick Rachelt dalam set piece tendangan sudut. Akan tetapi bola masih sedikit melambung dan hanya menghasilkan tendangan sudut kedua.

Tidak lama berselang, tepatnya menit 56, Indonesia berhasil menggandakan skor. Menyambut freekick Nathan Tjo-A-On, Rizky Ridho tak terkawal dan melepas sundulan mematikan.

Memasuki menit 61, Indonesia melakukan pergantian. Pelatih Shin Tae-yong menarik Nathan Tjo-A-On dan Rafael Struick. Mereka digantikan Yakob Sayuri dan Ivar Jenner.

Namun pergantian mendadak harus dilakukan Shin Tae-yong di menit 66. Calvin Verdonk mengalami cedera, sehingga harus digantikan Pratama Arhan.

Indonesia nyaris menambah gol lagi di menit 70, seandainya sundulan Jay Idzes tidak membentur tiang kiri gawang dalam set piece tendangan sudut.

Hanya semenit kemudian, Ivar Jenner langsung menendang ke gawang seusai menerima umpan Ragnar Oratmangoen. Akan tetapi bola membentur Adrian Ugelvik dan menghasilkan sepak pojok.

Memasuki 10 menit akhir, Indonesia menyegarkan pemain. Ratnar Oratmangon dan Asnawi Mangkualam ditarik keluar untuk digantikan Dimas Drajad dan Sandy Walsh.

Pertandingan sempat terhenti di menit 86. Adrian Ugelvik harus mendapat perawatan intensif di tengah lapangan, seusai berbenturan dengan Ernando Ari.

Sekitar 5 menit perawatan, ambulans masuk ke tengah lapangan untuk mengevakuasi Adrian Ugelvik ke ruang medis stadion.

Permainan dimulai lagi di menit 90 dengan additional time 7 menit. Namun tak terjadi gol tambahan dan Indonesia pun memastikan kemenangan.

Kemenangan tersebut pun membuat Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Garuda mengoleksi 10 poin untuk mendampingi Irak dari grup F.

Indonesia sendiri belum pernah melangkah ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia format baru. Pencapaian terbaik hanya lolos ke putaran kedua di kualifikasi Piala Dunia 1986.

Adapun putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti 18 negara yang dibagi menjadi tiga grup. Indonesia kemungkinan besar berada di pot 3 atau 4 undian, tergantung ranking FIFA edisi Juni 2024.

Selain lolos putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia juga berhak tampil di putaran final Piala Asia 2026 yang akan berlangsung di Arab Saudi.