Scroll untuk baca artikel
Pesona Indonesia

Upacara dan Tradisi Unik Suku Mandar di Sulawesi Barat

×

Upacara dan Tradisi Unik Suku Mandar di Sulawesi Barat

Sebarkan artikel ini
Upacara Dan Tradisi Unik Suku Mandar Di Sulawesi Barat

Radarnesia.com – Suku Mandar merupakan salah satu suku yang tinggal di kawasan Provinsi Sulawesi Barat.

Suku Mandar menjadi suku terbesar dan mayoritas yang menghuni wilayah Sulawesi Barat. Hampir 50% wilayah Sulawesi Barat di tinggali oleh Suku Mandar.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

Selain Suku Mandar juga terdapat beberapa suku lain seperti Suku Toraja, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Makassar dan lainnya.

Menjadi mayoritas yang tinggal di Sulawesi Barat, Suku Mandar memiliki berbagai upacara dan tradisi yang unik dan belum banyak di ketahui.

Berikut rangkuman lima tradisi unik dan upacara suku Mandar yang menarik, dilansir dari radarmukomuko:

1. Tradisi Kalindaqdaq

Tradisi pertama yang unik dari suku Mandar Sulawesi Barat adalah Kalindaqdaq. Tradisi ini adalah penyampaian perumpamaan saat ingin menyampaikan sesuatu ke orang lain.

Biasanya di lakukan dengan puisi, rayuan, atau terkadang juga sebuah motivasi.

2. Tradisi Sayyang Pattu’du

Kedua tradisi yang unik dari suku Mandar Sulawesi Barat adalah tradisi Sayyang Pattu’du yang merupakan sebuah tradisi syukuran bagi anak yang telah berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an.

Tradisi ini di anggap sangat penting bagi suku Mandar, bahkan bagi yang sedang berada di luar kota, rela pulang untuk ikut tradisi Sayyang pattu’du.

3. Tradisi Perahu Sandeq

Tradisi Perahu Sandeq juga merupakan salah satu tradisi yang di lakukan oleh Suku Mandar. Tradisi ini di lakukan sebagai simbol kehebatan maritim para suku Mandar.

Perahu Sandeq ini merupakan alat transportasi yang di gunakan oleh suku Mandar untuk mencari rezeki di tengah laut.

Dengan menggunakan perahu ini, para suku Mandar mampu berlayar hingga di lautan luas bahkan negara lain seperti Malaysia.

4. Tradisi Parrawana

Tradisi yang juga unik dari suku Mandar adalah tradisi Parrawana. Tradisi ini di lakukan dengan cara memainkan rebana yang dimainkan pada saat acara pesta perkawinan atau khataman Al-Qur’an.

5. Tradisi Jepa

Terakhir tradisi yang unik yang di miliki Suku Mandar adalah tradisi Jepa. Tradisi ini adalah berupa makanan khas Mandar yang terbuat dari ubi kayu.

Jepa merupakan makanan pengganti makanan pokok di kala mengalami gagal panen.*