Scroll untuk baca artikel
banner 728x250
Nusantara

KKB Riau Diharapkan Berkontribusi Dalam Pembangunan

×

KKB Riau Diharapkan Berkontribusi Dalam Pembangunan

Sebarkan artikel ini
Kkb Riau Diharapkan Berkontribusi Dalam Pembangunan

RADARNESIA.COM – Pj Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Riau Bobby Rachmat menghadiri kegiatan melestarikan kesenian dan budaya Banjar, di Riau Garden, Jumat (21/6/2024) malam. Kegiatan kerukunan keluarga Banjar (KKB) Riau ini diawali dengan Maulid Habsyi, kemudian makan batalam.

Dilanjutkan dengan penampilan tarian dayak banjar dan ditutup dengan penampilan kesenian mahidin. Bobby mengungkapkan Pemprov Riau menyambut baik kegiatan pelestarian kesenian dan budaya ini.

Scroll untuk baca artikel
Tutup Iklan

“Kami tentunya sangat mengapresiasi upaya KKB Riau dalam memperkenalkan kesenian dan budaya dari Suku Banjar (Kalimantan Selatan) ini,” ungkapnya.

Ia berharap KKB Riau dapat memberikan kontribusi, baik dalam pembangunan maupun berpartisipasi dalam membangun Provinsi Riau. Menurutnya, kerukunan maupun suku yang ada di Provinsi Riau ini tercipta karena adanya Bhinneka Tunggal Ika.

“Walaupun kita berbeda-beda, tapi satu tujuan kita ialah membangun Indonesia, terutama Provinsi yang sangat kita cintai ini. Kita tahu semangat orang banjar sangat kuat di mana kekuatannya terletak pada filsafah hidupnya yang pantang menyerah,” tambahnya.

Ia juga berujar, bahwa melalui KKB Riau juga dapat dilakukan penyampaian pesan moral, tentang seperti apa sejarah Suku Banjar ini bisa sampai di Riau terutama di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Jika penyampaian sejarah dan pesan moral tersebut bisa tersampaikan, tentu menjadi suatu hal yang sangat tepat sekali. KKB Riau bisa bergabung bersama dengan masyarakat lainnya untuk memperkenalkan, membangun Riau,” ujar Bobby.

“Teruslah berkembang dan memberikan manfaat bagi orang banyak, kami berharap orang Banjar ini bisa memberikan warna yang terbaik dalam kehidupan terutama di Provinsi Riau,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, dalam menghadapi Pilkada 2024 pada November mendatang, masyarakat diminta tetap menjaga persatuan dan kesatuan. “Tahun 2024 kita akan melakukan pesta demokrasi, jangan sampai gesekan yang terjadi dapat memecah belah kita terutama di KKB Riau,” sebut Bobby.

“Karena, November nanti akan dilaksanakan pencoblosan gubernur dan wali kota secara serentak di seluruh Indonesia. Saya kira Ini salah satu media bagi kami terutama pemerintah untuk menyampaikan informasi nasional yang harus kita sukseskan bersama tetapi tidak menjadi ajang perselisihan bagi kita,” pintanya.

Sementara itu, KKB Riau Syamsuddin Uti menuturkan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempererat silaturahmi dan memperkenalkan kepada masyarakat Riau tentang budaya Suku Banjar.

“Tentunya dengan adanya pelaksanaan pengenalan kesenian dan budaya ini masyarakat Riau dapat lebih mengenal seperti apa suku Dayak Banjar,” tandasnya.