Scroll untuk baca artikel
Pesona IndonesiaUnggulan

Wisata Alam Kaltim, Cocok Buat Libur Lebaran Sekaligus Healing

×

Wisata Alam Kaltim, Cocok Buat Libur Lebaran Sekaligus Healing

Sebarkan artikel ini

RADARNESIA.COM – Momen lebaran menjadi momentum yang pas untuk bisa rehat sejenak dari hiruk pikuknya pekerjaan sekaligus ajang kumpul bersama keluarga. Cuti bersama dan lebaran tahun ini menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk men-check list tempat-tempat wisata yang sudah dinantikan.

Untuk menciptakan pengalaman baru, kamu bisa berlibur ke beberapa objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan alam khas Kalimantan Timur. Berikut 8 rekomendasi objek wisata saat libur lebaran yang perlu kamu catat!

1. Pantai Manggar, Balikpapan

Objek wisata yang satu ini nggak boleh dilewatkan. Hampir setiap tahunnya di musim libur lebaran, Pantai Manggar tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Manggar menyuguhkan keindahan pasir putih dan hamparan laut yang pas untuk piknik bersama keluarga, bermain voli pantai, bermain wahana banana boat, dan sebagainya. Kamu juga bisa melihat fenomena sunset yang keindahannya tersembunyi dibalik permukaan laut.

Pantai ini berlokasi di Kelurahan Manggar dan Teritip, Balikpapan. Jarak yang ditempuh sekitar 9,5 Km dari Bandara Internasional Sepinggan atau sekitar 20 Km dari pusat kota.

Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk tiket orang dewasa dan Rp2.000 untuk tiket anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkir sebesar Rp5.000 kendaraan roda dua, Rp10.000 mobil, dan Rp25.000 kendaraan roda enam.

2. Wisata Tebing Lonceng, Samarinda

Selain Sungai Mahakamnya yang ikonik, Kota Tepian ini memiliki wisata alam yang berlokasi di Gunung Lonceng atau Bukit RCTI Palaran Samarinda. Namun, masyarakat mengenalnya sebagai wisata Tebing Lonceng. Sejak dibuka pada Maret 2020 lalu, wisata ini cukup terbilang terkenal dan mampu menggaet banyak pengunjung setempat.

Wisata Tebing Lonceng menyuguhkan pemandangan Kota Samarinda yang bisa kamu lihat dari puncak. Pada sisi kanan, akan terlihat ikon Kota Tepian dan Jembatan Mahkota II. Sementara, sisi kiri akan terlihat kawasan pusat Samarinda. Terdapat spot-spot instagramable untuk kamu mengabadikan momen bersama orang terkasih.

Baca Juga:  Menang Kontra Vietnam, Timnas Indonesia Naik Peringkat ke 2 Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Wisata Tebing Lonceng berlokasi di Jl. Dwikora, Kelurahan Mangkupalas, Samarinda. Jam buka operasional Senin-Kamis pukul 06.00-21.00 Wita dan Jumat-Minggu pukul 06.00-23.00 Wita. Jarak tempuh dari pusat Kota Samarinda atau Taman Samarendah sekitar 10,5 Km selama 30 menit.

Tarif masuk kawasan wisata cukup terjangkau yakni sebesar Rp10.000 per orang dewasa dan untuk anak-anak di bawah 5 tahun bebas biaya masuk.

3. Pantai Ambalat, Samboja

Objek wisata alam yang terkenal di Samboja adalah Pantai Ambalat. Pantai Ambalat menyuguhkan pemandangan indah dengan pohon pinus yang berjejer rapi di pinggiran pantai sepanjang 7 Km.

Kekhasan dari Pantai Ambalat yaitu panorama malamnya yang menakjubkan. Oleh sebab itu, menginap merupakan pilihan yang tepat. Pantai Ambalat menyediakan penginapan salah satunya Ambora Resort yang baru-baru ini terkenal. Penginapan ini berkonsepkan smart and green villa.

Selain menikmati panorama pantainya, terdapat wahana hiburan di Pantai Ambalat, yakni flying fox, spot foto, penyewaan ATV & sepeda listrik, banana boat, dan wahana lainnya.

Pantai Ambalat berlokasi di Kelurahan Amborawang Laut, Samboja. Jarak yang ditempuh dari Balikpapan sekitar 37 Km dan dari Tenggarong sekitar 105 Km. Tarif masuk ke kawasan wisata ini kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000 kendaraan mobil dan Rp5.000 kendaraan motor.

4. Kepulauan Derawan, Berau

Siapa yang tidak mengenal dengan Kepulauan Derawan. Objek wisata alam ini menjadi kebangganan masyarakat Berau dengan suguhan surga bawah laut yang indah.

Kepulauan Derawan memiliki tempat-tempat yang terkenal, seperti Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Ciri khas dari wisata ini adalah kamu bisa melihat ekosistem pesisir pantai, yakni terumbu karang, hutan bakau, penyu hijau, paus, lumba-lumba, dan lainnya.

Baca Juga:  Polda Jatim Tangkap Pemimpin Aliran Sesat di Blitar yang Viral Perbolehkan Tukar Pasangan

Aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti, bersepeda keliling pantai, snorkeling, menikmati sunset, melihat penyu, dan berkunjung ke Gusung Pasing Sanggalau.

Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau. Untuk menuju ke Kepulauan Derawan kamu bisa melakukan penerbangan ke Tarakan atau Berau.

Tarif masuk ke Kepulauan Derawan tidak dipungut biaya, kamu cukup menyediakan dana untuk akomodasi transportasi, penginapan, makanan, dan alat sewa wahana.

5. Pulau Beras Basah, Bontang

Bontang memiliki objek wisata alam terkenal berupa pantai yaitu Pulau Beras Basah. Objek wisata ini berbentuk pulau kecil di tengah laut dengan hamparan pasir putih dan pemandangan bawah laut yang menawan.

Selain berenang, kamu bisa melakukan snorkeling dan menaiki wahana banana boat. Fasilitas yang disediakan terdapat penyewaan tenda, gazebo, mushola, dan toilet.

Lokasi Pulau Beras Basah berjarak sekitar 220 Km dari pusat Kota Balikpapan. Rute paling cepat untuk sampai kesana melalui dermaga PT Badak NGL menggunakan speedboat selama 15 menit.

Tarif masuk ke kawasan wisata, kamu cukup membayar sebesar Rp50.000 per orang. Harga ini sudah termasuk biaya transportasi kapal menuju Pulau Beras Basah.

6. Pulau Gusung, Penajam Paser Utara

Objek wisata alam dekat Ibu Kota Baru yang harus kamu kunjungi yaitu Pulau Gusung. Pulau Gusung menyuguhkan pesona pantai pasir coklat dan lautan biru lepas yang indah.

Daya tarik dari objek wisata ini adalah ekosistem laut nya yaitu terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang bisa kamu lihat. Aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan seperti memancing, snorkeling, diving, dan berkeliling dengan speedboat.

Lokasi Pulau Gusung terletak di wilayah Pantai Tanjung Jumlai, Kecamatan Penajam, Penajam Paser Utara. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke kawasan wisata sekitar 30 menit sampai satu jam menggunakan speedboat. Tarif masuk ke kawasan wisata ini kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang.

Baca Juga:  Ketua KPU RI Sebut Formasi Perolehan Kursi Parlemen Belum Bisa Ditetapkan Jika Ada Sengketa di MK

7. Danau Labuan Cermin, Biduk-biduk

Selain terkenal dengan pulau dan pantainya, Berau juga terkenal dengan danau wisatanya yaitu Labuan Cermin. Labuan Cermin dijuluki sebagai danau dua rasa, hal ini dikarenakan rasa asin saat kita mengecap air dari permukaan danau dan rasa tawar yang berada di dasar danau.

Sesuai dengan namanya, Labuan Cermin menyuguhkan pemandangan air birunya bak cermin dan pepohonan rimbun yang mengelilingi danau. Kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling, menyelam, dan berenang.

Lokasi danau terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk. Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju ke kawasan sekitar 6 sampai 7 jam dengan perjalan darat dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Tarif masuk ke Labuan Cermin tidak dipungut biaya. Kamu hanya merogoh kocek sebesar Rp.100.000-Rp200.000 untuk menyewa perahu menuju tempat wisata.

Ingin merasakan negeri di atas awan? Mungkin, kamu harus mencoba mengunjungi objek wisata alam yang terkenal di Kutai Barat yaitu Gunung S.

Sesuai dengan namanya, daya tarik wisata ini adalah suhu udaranya yang begitu dingin. Untuk merasakan pengalaman yang berbeda, kamu harus datang pagi-pagi hari saat matahari akan terbit, karena akan terlihat hamparan awan yang masih menutupi pegunungan.

Objek wisata ini berlokasi di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan. Waktu tempuh untuk menuju ke kawasan wisata sekitar 45 menit dari Kecamatan Barong Tongkok.

Ternyata kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar daerah untuk menikmati liburan ke objek wisata alam. Kaltim pun juga punya segudang objek wisata yang nggak kalah indahnya. Jadi, objek wisata mana yang menjadi destinasi libur lebaranmu?